6.10.15

Aku disini di "Libya"



Tak terasa sudah 1.5 tahun aku tinggal disini. Terhitung sejak april 2014 yg lalu.
Aku datang ke negri timur tengah ini bukan sebagai tki migran, bukan pula sebagai ekspatriat, ataupun diplomat.
Aku datang sebagai seorang istri yang mendampingi suami untuk menjemput masa depannya di negrinya. LIBYA.
Ketika mendengar negara Libya tentunya yang ada di benakku adalah "khadafi". Seorang presiden yg di nilai otoriter dan di kudeta oleh rakyatnya sendiri sehingga memunculkan asumsi bahwa libya adalah negara yg penuh konflik dan perang. Apakah kenyataanya seperti itu. Akan kita bahas lain waktu aja ya....ga mau bahas yang horor horor dulu...hehehe......

Disini aku mau membahas letak dari negara libya yang jauh di sana...
Setiap aku melihat peta dunia...aku melihat jarak indonesia dan libya yabg begitu terbentang jauh...ya emang kenyataanya jauuuh ....

Jadi libya itu adalah negara yg arab kenapa karena penduduknya sebagian besar ber ras arab. Seperti negara negara tetangganya. Siapa aja sich negara tetangga libya? Bisa di lihat di peta ada egypt, tunisia, maroko, sudan dsb...
Jadi negara arab itu tidak di benua asia sprt saudi saja ya darla....tapi juga banyak yang tersebar di benua afrika.





Libya sendiri tidak hanya bertetangga dengan negara negara arab tapi juga dengan eropa loh seperti italia, yunani, malta. Cuma mereka di pisahkan dengan laut mediterania. Kata suamiku naik pesawat 1 jam sampe. Kalau 1 jam sampai kapan donk baa kita liburan eropa...(ngimpi dulu ahh)....

Jadi betapa strategisnya negara Libya ini ya kawan... dengan sumber daya alam (minyak bumi) yang melimpah harusnya Libya bisa menjadi singa Arab seperti Saudi Arabia atau Uni Emirate Arab. Oiya ga hanya minyak bumi saja yang melimpah, tapi jangan salah disini juga tanhnya subur banget. Segala macam sayur sayuran global sampai local tumbuh lho disini. Begitu juga buah buahan. Kemarin juga bawa bibit sayur sayuran dari indonesia dan amazing bisa tumbuh disini.
Khusus my gardening di bahas di judul yang lain aja kali ya...hehehe

Balik lagi bicara soal potensi libya. Bahkan Libya letaknya lebih strategis loh dari pada kedua singa arab itu. Karena Libya letaknya sgt close to 3 benua sekaligus yaitu Asia, Afrika, dan Eropa.

No comments:

Post a Comment